Posted by: islambertobat | September 12, 2011

Semua Muslim Akhirnya Masuk Surga?


BacaBacaQuran.com – Tanya Jawab AlQuran

Alif Magz – detikRamadan

Tanya: Assalamualaikum Pak Ustadz. Apakah benar bahwa umat islam nanti akhirnya akan masuk surga juga setelah dicuci dulu dosanya di neraka. Wassalam. (liages)

Jawab: Ada dua penghuni nereka. Penghuni yang tetap dan penghuni tidak tetap. Penghuni tetap adalah mereka yang mati dalam keadaan kafir, menyekutukan Allah, dan dalam keadaan munafik yakni pura beriman, padahal di dalam hati menyembunyikan kekufuran.

Orang beriman tentu saja semuanya masuk surga, namun ada yang langsung masuk surga dan ada yang singgah dulu di dalam nereka. Orang beriman yang sempat singgah di dalam neraka adalah penghuni neraka yang tidak tetap. Mereka mutasi dari neraka ke dalam surga setelah menjalani hukuman Allah sesuai dengan tingkat dosanya. Al Qur`an membimbing manusia supaya bebas dari azab neraka (Q.S. Al-Baqarah/2: 201). Demikian juga doa yang selalu dipanjatkan oleh para sahabat dan para ulama salaf seperti dalam doa selamat “Wan Najata Minan Nar”, dan selemat dari api nereka. Mengapa? Karena satu hari di akhirat sebanding dengan seribu tahun di dunia. Berarti satu hari di neraka berarti sama dengan seribu tahun di dunia. Wassalam.


(Asep Usman Ismail)

KOMENTAR PEMBACA:
Itulah jawaban “Qur’an and Answer” seperti yang dipetik dari detikcom dalam www.alifmagz.com. (stressing dari komentator).

Membaca jawaban ulama diatas, saya sebagai pembaca menangkap bahwa neraka itu tempat singgah bagi Muslim yang menjalani proses mutasi dari neraka ke dalam surga, lewat hukuman yang harus dijalaninya beberapa waktu di neraka. Ayat manakah yang menjelaskan itu tempat singgah, dan semua teman Muslim berkepentingan untuk tahu berapa lama singgahan tersingkat disitu? Dan jikalau kiamat sudah keburu tiba sebelum mutasi saya selesai dijalankan, apakah otomatis saya tercampak ke neraka kekal? Tampaknya neraka versi Islam praktis sama dengan Purgatorio-nya Katolik, yaitu tempat sementara untuk pencucian dosa orang-orang yang mati, namun karena Purgatorio bukanlah neraka, maka mereka tidak otomatis tercampak kesitu ketika kiamat tiba!

Jadi , hanya kaum Muslimlah yang umumnya akan disiksa di sepanjang alam kehidupannya di mana-mana, mulai dari alam dunia, alam kubur, alam barzakh, dan alam neraka, sebelum betul-betul menikmati surga? Tetapi kita tak pernah menemukan jaminan Allah SWT bahwa semua Muslim pasti masuk kesurga setegas seperti jaminanNya untuk Muslim masuk neraka (Surat 19:71)?

Rujukan jaminannya ada pada posisi Nabi Muhammad dan anak- isteri kesayangannya –Fatimah dan Khadijah– sekarang ini! Bila mereka saat ini masih di alam lain (barzakh) PADAHAL semua nabi-nabi Israel sudah berada disurga (seperti Adam, Ibrahim, Musa, Yahya, Isa dll) yang telah dijumpai Nabi dalam perjalanan Mi’raj (HR Muslim, Shahih Bukhari Volume 1, Buku 8, No.345 dll), maka bagaimana kita bisa mengatakan bahwa semua pengikut Nabi Muhammad pasti masuk surga, dan para musyirik Yahudi dan Kristen masuk neraka (Surat 9:30)?

Kecurigaan bertambah besar ketika Nabi menggambarkan kepada Abu Dzar bahwa surga yang kudus juga ditempati oleh para pezina dan pencuri: Rasulullah saw. Bersabda….: Sesunguhnya, barangsiapa di antara umatku yang mati, sedangkan dia tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, orang itu masuk surga.” Aku (Abu Dzar) bertanya: “Sekalipun orang itu berzina dan mencuri?” Jawab Nabi, Ya, sekalipun dia berzina dan mencuri.” (Hadis Shahih Bukhari  no.647).

About these ads

Responses

  1. Bagaimana dengan koruptor? tetapi dia rajin beramal, dan taat ibadah, apakah juga masuk surga.
    Jika ya… betapa tidak adilnya hidup ini.

    • @yoyo..
      menurut kamu si koruptor itu masuk surga kagak?

      tapi menurut nabi muhammad, koruptor (pencuri uang negara) tetap masuk surga lho…..

      ada hadits yang menyatakan hal itu….

      Kalau menurutmu hidup tidak adil…
      lha wong masuk surga kalau sudah mati kok,,aka tidak hidup lagi…

  2. situs ini beegoook,,, salah menafsirkan …..tdk ber akal

  3. “dan jikalau kiamat sudah keburu tiba sebelum mutasi saya selesai dijalankan, apakah otomatis saya tercampak ke neraka kekal?”

    anda ini lucu. saya rasa keterangan ulama diatas sudah cukup jelas, sesuai dengan keyakinan kami umat Islam. yg kekal itu adalah orang2 kafir yg tidak beriman. trus pertanyaan anda diatas jelas sekali menggambarkan kalo anda tidak faham dengan apa yang anda bahas dan anda persoalkan. jadi sebelum kiamat tiba roh dari manusia masih berada di alam kubur atau barzah,baru setelah kiamat tiba akan ada pengadilan tentang amal manusia yang kemudian menentukan dia masuk ke Syurga atau Neraka.

    hehe… tolong di banyakin lagi bacaannya. jangan males baca ya, karena kata orang “buku adalah jendela dunia”. hahahahaha…. jangan cuma denger apa kata pastur dan pendeta saja, yang kritis gitu lho..

  4. terima kasih kepada sodara Sigit…..

    saya juga mengira kalimat pak ustad sangat jelas, dia juga menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar,,lalu mengapa anda tidak paham ?

    saya kira anda pasti sudah pernah sekolah dan belajar bahasa indonesia juga kan ?

    • Bang ferry memang benar apa yang dikatakan pak ustad sudah sangat jelas dan telah menggunakan bahasa indonesia yang benar… sekarang coba sekarang saya menjelaskan kepada bang ferry begini

      saya menjelaskan kepada seseorang bahwa :

      ” ayam adalah sejenis unggas yang berkembang biak dengan melahirkan”.

      klu saya tanya kepada bang ferry apakah saya sudah menggunakan bahasa indonesia yang benar ?…. apakah bang ferry mendukungnya ? apakah tidak ada hal – hal lain yang perlu bang ferry protes dalam kalimat saya

      ya saya sudah menggunakan bahasa indonesia yang benar tapi tidak benar dalam isi dari sebuah penjelasan yang saya sampaikan
      klu bang ferry protes tentang hal itu. itu disebabkan bang ferry telah faham dan punya ilmu tentang itu.

      begitu juga dengan jawaban yang disampaikan pak ustaz semuanya telah menggunakan bahasa indonesia yang benar tapi cobalah teliti apa yang telah dijelaskan oleh pak ustad yang dengan bahasa indonesia yang benar itu telah mengandung suatu kebenaran ternyata tidak…. kenapa bang ferry menerima begitu saja karena bang ferry tidak menguasai ilmunya dan belum buka2 alquran. utk menjelaskan pertanyaan diatas saya tidak akan menggunakan hadist tetapi menggunakan alquran, karena hadist ada yang doif dan ada yang shahih tetapi klu alquran sdh dipastikan kebenarannya.

      hati2 bang ferry yang mengatakan kita harus mampir dulu ke neraka itu adalah jebakan setan dan di jelaskan oleh orang2 yang tidak mengerti alquran cobalah baca blog saya di

      http://berislamtapikekaldineraka.blogspot.com/2012/04/saudara-saudara-yang-di-rahmati-allah.html

  5. weleh..weleh…….bingung….

  6. Jaminan buat orang Islam untuk masuk surga banyak didapat keterangannya pada sabda-sabda Rasulullah SAW. Misalnya hadits berikut ini:

    ‏ ‏أبي هريرة ‏ ‏أن رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏قال:‏ كل أمتي يدخلون الجنة إلا من أبى قالوا يا رسول الله ومن يأبى قال من أطاعني دخل الجنة ومن عصاني فقد أبى رواه البخاري

    Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Shahabat bertanya, Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau? Beliau menjawab, Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga.

    Selain itu juga ada hadits Rasulullah SAW lainnya yang menyebutkan hal itu.

    Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda, Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata, Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka.

    Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan .

    Ada juga hadits yang isinya merupakan sumpah Allah SWT bahwa orang yang mengucapkan syahadatain itu akan dikeluarkan dari neraka.

    Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan orang yang mengucapkan .

    Semua hadits di atas dan masih banyak lagi hadits di atas memang memberikan jamiman bahwa orang yang telah pernah mengucapkan syahadatain itu pastilah dikeluarkan dari neraka dan masuk ke dalam surga.

    Hanya saja masalahnya, tidak ada jaminan bahwa sebelum masuk ke surga itu apakah akan mampir ke neraka dulu atau tidak. Yang kedua, tentu saja yang dimaksud dengan mengucapkan dua kalimat syahadat itu adalah ikrar yang datang dari lubuk hati, bukan sedekar asal bunyi tapi tanpa rasa percaya.

    • Bang AS saya menghargai pendapat anda anda tidak salah tetapi anda tidak tepat, bang AS hadist ada yang doif dan ada yang shahih,,, hadist yang anda sebutkan diatas hampir sebagian bertentangan dengan alquran… hati2 bang AS terlalu banyak jebakan2 yang dibuat oleh oleh orang2 diluar islam atau oleh org2 yg tidak faham dengan alquran sehingga terjadi salah tafsir coba lah baca blog saya di http://berislamtapikekaldineraka.blogspot.com/2012/04/saudara-saudara-yang-di-rahmati-allah.html

  7. SITUS SESAT KAFIR

    • Waduhhhh.. Pembahasannya ampe kemana-mana.. Agama tdk jaminan manusia masuk surga. Tetapi ikut jalan Tuhan yg benar dan melakukan perintah Tuhan lah yg buat kita selamat dunia akhirat.. Semua agama mengajarkan kebaikan.. Tp pertanyaannya manakah jalan keselamatan?? Bukankah hidup hanya 1 kali.. Setelah meninggal akan kemana kita.. Yg bs menjelaskan itu Tuhan sendiri.. Bukankah Tuhan itu maha besar.. Klo qt berdoa dgn sungguh maka dgn caraNya, Dia kan menyatakan siapa diriNya dan bahwa Dialah Tuhan yg benar. Dan akhirnya qt tahu siapakah Tuhan yg benar itu.. Bkn dengan otak kita yg kecil(pikiran, logika,atau apapun), tp dgn kebesaranNya Tuhan akan nyatakan diriNya dan nyatakan kasihNya dan kerinduanNya agar kita beroleh keselamatan. Berdoalah dengan sungguh mk kebenaran itu akan Tuhan bukakan. Tuhan mengasihi orang yg mencari Dia.

  8. SAUDARA – SAUDARAKU UMAT ISLAM YAKINLAH BAHWA KITA BISA LANGSUNG MASUK SURGA SEPERTI NABI. JADI TIDAK BENAR KITA AKAN MAMPIR DULU KE NERAKA UTK MEMBERSIHKAN DOSA2 KITA. HENDAKLAH KITA BERPEDOMAN DULU KEPADA ALQURAN BARU HADIST, HADIST2 DI ATAS HAMPIR SELURUHNYA BERTENTANG DENGAN ALQURAN HANYA SEDIKIT YANG SESUAI. INI TERJADI KARENA SALAH PENTAFSIRAN ALQURAN… DI ATAS TIDAK SATUPUN DASARNYA DI AMBIL DARI AYAT ALQURAN SELURUH NYA MENDASARKAN KEPADA HADIST. UTK MEMBERSIHKAN DOSA BUKAN DIBAKAR DINERAKA TAPI ALLAH MEMBERSIHKAN DOSA DENGAN AMAL PERBUATAN BAIK KITA ( “….Sesungguhnyaperbuatan-perbuatanyangbaikitumenghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat .” (Q.S. Huud [11]:114)

    KITA BISA LANGSUNG MASUK SURGA ASAL TIMBANGAN KEBAIKAN KITA LEBIH BERAT DARI KEBURUKAN KITA (“ Dan adapun orang-orang yang berat timbangan(kebaikan)-nya, maka dia berada dalam kehidupan yangdiridai.”
    (Q.S.Al Qoriah: 6-7)

    Di manakah kehidupan yang diridai tersebut? DalamAlquran diterangkan bahwa kehidupan yang diridai adalahsurga.(21).
    Maka orang itu berada dalam kehidupan yangdiridai.
    (22). Dalamsurga yangtinggi
    .(Q.S.Al-Haqqah[69]:21-22)

    Namun, kemudian muncul sebuah pertanyaan,bukankah orang yang berat timbangan kebaikanNya tetap saja masih mempunyai dosa yang harus dipertanggungjawabkan walaupun sedikit? Jawabannya ada pada Alquran,

    “(Ingatlah) hari (dimana) Allah mengumpulkan kamu pada hari pengumpulan. Itulah hari ditampakkan kesalahan-kesalahan. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan beramal saleh, niscaya Allah akan menutupi kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal didalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.”
    (Q.S. AtTaghabun [64]: 9)

    Allah akan menutupi kesalahan-kesalahan kita karena keimanan serta amal saleh yang kita kerjakan. Jadi, bukan dimasukkan ke neraka dahulu untuk membersihkan dosa-dosa baru kemudian masuk surga. Semua orang mempunyai kesalahan tetapi orang yang beriman dan beramal saleh tidak akan diseret ke neraka karena mereka telah dibersihkan dari dosa.(127).
    Maka mereka mendustakannya, karena itu merekaakan diseret (keneraka).
    (128).
    Kecuali hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa).
    (Q.S. As Shaffat [37]:127-128)

    LEBIH GAMPANGNYA BEGINI

    Misalnya kita mempunyai timbangan kebaikan 70 dan timbangan keburukan 20.Maka,keburukan kitaakan dihapusoleh kebaikan yang kita miliki. Dosa 20 dikurangi pahala 70.Hasilnya tidak ada lagi sisa dosa, sedangkan sisa pahala tinggal 50.Jadilah kita sekarang bersih dari dosa dan masih memiliki tabungan 50 kebaikan. Dengan begitu wajarlah jika kita bisa langsung masuk Surga tanpa harus terjerumus ke neraka karena kita tidak memiliki sisa keburukan sedikit pun. ATAU BACA BLOG DI BAWAH INI

    http://berislamtapikekaldineraka.blogspot.com/2012/04/saudara-saudara-yang-di-rahmati-allah.html

    • bgmn cara erhitungannya ?………….itu rahasia Allah. Daripada waktu habis utk mencari tahu bgmn caranya Allah menghitung pahala dan dosa, padahal sama2 tdk ada yg tahu, tdk ada jaminan cara yg paling benar, lebih baik digunakan untuk memperbanyak kebaikan2, ibadah, dll perbuatan terpuji.

      • Pak anonymous… cara anda sudah benar yaitu dgn memperbanyak kebaikan2 , beribadah kunci kita harus beriman dan beramal sholeh kita tidak perlu menghitung hitung kebaikan tapi yang perlu kita hitung adalah dosa2 kita walau kita kita sendiri tidak tau seberapa besar dosa kita karena ada hadist yang mengatakan hisablah dirimu sebelum kamu di hisab. karena itu sebagai sara instrospeksi diri kita….. saya menyampaikan hal seperti di atas karena kata orang orang bahwa kita nanti umat islam pada akhirnya akan masuk neraka walaupun nanti akhirnya di masukkan juga pada hal hal tersebut sangat bertentangan dengan apa yang di jelaskan di dalam alquran… karena nanti kita cuma punya dua pilihan yaitu surga dan neraka, siapa yang masuk surga adalah orang yang berat timbangan kebaikannya lebih banyak dari berat keburukannya dan yang masuk neraka adalah orang yang berat keburukannya lebih banyak dari pada berat kebaikannya (alqoriah:6-7; al-araf 7: 8) ; almukminun 23: 102 ) walaupun dia islam tapi karena lebih banyak dosanya maka neraka tempat kembalinya dan dia kekal didalamnya

  9. jadi neraka bisa menjadi tempat singgah???? tahu kah kita jikalau neraka adalah tempat kematian yang kekal… sekali mencelupkan sedikit ujung telunjuk kedalamnya, maka kita akan masuk selama2nya kedalam neraka. (ingat cerita lazarus dan orang kaya)

  10. Kalau islam katakan bahwa umat islam sudah pasti akan kesurga, kalau begitu nabi Muhammad ketinggalan tidak dapat masuk surga, karena dia masih terkunci dialam maut kuburan Medinah……kok umatnya sudah duluan masuk surga……?nabimu yang kamu puja sebagai nabi terakhir dan termuliah kok tertanam dalam kuburan Medinah…..?

    Yang paling aneh umatnya harus berdoa shalawat nabi muhammad dan keluarganya…? apakah anda muslim sedang berdoa dari sorga agar Muhammad mengikuti masuk surga bersama anda muslim…?

  11. Siapa yg jamin masuk surga? Agama itu tidak beda dengan dagang kecap, pssst…untungnya saya ini atheis

  12. cepat2 bertobat nih

  13. baca surah maryam ayat 70-72 itu ayatnya yang mnjelaskan ada umat yang masuk neraka karena dosanya dan dicuci kmudian masuk surga.. artinya ada yang tidak permanen. di neraka

  14. Ya benar semua muslim yg brdosa tp matinya mmbawa iman islam mk dia akan di angkat dr neraka.sbb jika tdk di angkat apa bedanya dg org non muslim?
    MASA IYA ORG YG MNYEMBAHNYA DAN YG TDK MNYEMBAHNYA DI SAMA RATAKAN? GK ADIL ITU!?mksd sy org yg mnyembah Allah dg tdk mnyekutukanNya dg apa pun.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 218 other followers

%d bloggers like this: